Prinsip kerja motor listrik
Kelompok atau tipe pertama adalah motor DC, kemudian motor induksi dan sinkron. Di bawah ini adalah prinsip kerja dari masing-masing jenis motor listrik tersebut di atas.
Prinsip motor DC
DC sendiri berarti arus searah (DC) atau arus searah.
Namun, ada juga motor listrik yang menggunakan tenaga arus bolak-balik (AC) atau dua arah.
Motor listrik jenis ini terutama dilengkapi dengan 2 terminal untuk mengalirkan arus searah.
Bagian seperti ini sering kita jumpai pada alat-alat rumah tangga seperti bor listrik dan alat-alat rumah tangga lainnya.
Komponen motor listrik tipe DC dibagi menjadi dua bagian utama yaitu rotor dan stator.
Rotor itu sendiri adalah bagian yang berputar. Umumnya, rotor terdiri dari kumparan jangkar yang terpasang pada rotor.
Sedangkan stator sendiri tidak bisa bergerak seperti rotor. Komponen di dalam stator termasuk belitan medan dan rangka.
Prinsip kerja motor DC jenis ini menggunakan gaya elektromagnetik. Arus awal akan diarahkan ke bagian kumparan sehingga bagian magnet utara akan berpindah ke magnet selatan.
Sedangkan kumparan magnet akan menghadap ke arah utara magnet.
Saat keduanya bertemu, terjadi gaya tarik-menarik yang menyebabkan kumparan berhenti sejenak.
Prinsip kerja motor induksi
Ada juga jenis motor listrik yang prinsip kerjanya induksi.
Banyak ahli mengatakan bahwa induksi ini lebih dikenal dengan motor asinkron. Komponen unik ini mencakup 2 jenis induksi, yaitu satu fasa dan tiga fasa dengan fungsi yang berbeda.
Pada tipe 1 fasa ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan tipe 3 fasa yang memiliki ukuran lebih besar untuk kebutuhan industri.

Motor induksi menggunakan prinsip elektromagnet, secara harfiah gerak listrik dihasilkan dan ditransmisikan melalui konduktor listrik saat medan magnet berputar.
Komponen ini memiliki dua bagian utama yaitu rotor dan stator. Stator induktif adalah bagian tetap dari kumparan dan membawa kumparan di atas satu sama lain.
Medan magnet akan berputar berlawanan arah jarum jam karena bersifat polar. Rotor itu sendiri memiliki fungsi membawa gulungan utama.
Ketika fase 3 terhubung ke stator, magnet berputar secara otomatis. Namun, konduktor tetap tunggal ini akan memotong medan magnet yang berputar.
Pada tipe ini, keunggulannya terletak pada struktur sederhana untuk menciptakan putaran yang jauh lebih kontinyu. Motor induksi juga dikenal menggunakan gaya Lorentz.
Prinsip kerja motor listrik sinkron
Motor sinkron merupakan salah satu jenis motor listrik yang tentunya berbeda dengan dua sebelumnya.
Motor sinkron memiliki mode operasi berdasarkan kecepatan tetap dengan frekuensi tertentu.
Prinsip pengoperasian motor listrik jenis ini dipengaruhi oleh interaksi antara medan magnet stator dan rotor.
Secara teori, rotor motor listrik ini merupakan magnet permanen yang akan sinkron dengan magnet yang berputar.
Rotasi yang akan dihasilkan akan mengikuti frekuensi arus yang diatur.
Motor jenis ini memiliki keunggulan yaitu mudah mengatur eksitasi pada kecepatan konstan.
Selain itu, motor sinkron hanya membutuhkan 500 rpm untuk mengoperasikan sistem tersebut.
Dibandingkan dengan harganya, tipe ini memiliki biaya produksi yang jauh lebih murah dibandingkan dengan tipe induksi.
Oleh karena itu, tipe ini cukup banyak diaplikasikan pada sejumlah perangkat elektronik. Indonesia siap beralih ke kendaraan listrik. Perhatikan bahwa saat ini Indonesia sedang bersiap menghadapi gempuran trem.

Hal ini terlihat melalui dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Tenaga Baterai sebagai Kendaraan Dinas Aktif dan/atau Kendaraan Dinas Pribadi bagi Instansi Pemerintah, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
Presiden juga menginstruksikan berbagai instansi untuk menggunakan trem untuk memberi contoh kepada masyarakat. Memang, bahan bakar fosil cepat atau lambat akan berakhir.
Yohannes Nangoi, Presiden Direktur Gaikindo, menyerukan hal yang sama jika mobil listrik menjadi lebih praktis.
“Kendaraan dengan motor listrik seperti hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), battery powered vehicle (BEV) atau fuel cell vehicle (FCEV) atau kendaraan berbahan bakar hidrogen merupakan motor modern. kendaraan... masa depan yang kini semakin jelas keberadaannya,” ujarnya, Jumat (23/9/2022).
Keberadaan kendaraan listrik di Indonesia juga dikatakan semakin meningkat setiap tahunnya. Selama GIIAS 2022, konsumen membeli 1.594 kendaraan listrik.
Ia melanjutkan: “Total ada 1.594 unit kendaraan bermotor listrik, yang terdiri dari 320 kendaraan bermotor hybrid dan 1.274 unit kendaraan bermotor bertenaga baterai (KBLBB/BEV).
Namun kendala yang ada di depan kita saat ini adalah bertambahnya jenis dan jumlah kendaraan listrik. Menurutnya, ini merupakan persoalan bersama yang perlu diperhatikan agar Indonesia lebih siap menghadapi era elektrifikasi ke depan.
No comments:
Post a Comment